PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyatakan siap untuk mendukung pembangunan jalan tol trans Sumatera (JTTS) yang meliputi ruas Pekanbaru - Bangkinang, Bangkinang - Pangkalan, dan Pekanbaru Rengat.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, M. Job Kurniawan, dalam rapat percepatan progres pembangunan JTTS yang diadakan pada Jumat, (3/2/2023).

Pembangunan JTTS ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan barang dan jasa di Provinsi Riau dan meningkatkan daya saing. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat Riau.

Sementara itu, penerbitan surat keputusan penetapan lokasi (Penlok) tambahan ruas Tol Pekanbaru - Padang seksi Bangkinang - Pangkalan tahap I dan Penlok tahap II ruas Tol Pekanbaru - Rengat sedang dalam proses administrasi.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Arief Setiawan, mengatakan bahwa Penlok akan selesai disiapkan minggu depan.

Jalan tol ruas Pekanbaru - Bangkinang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Januari 2023.

Project Director PT Hutama Karya Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Bangkinang, Bambang Eko, menyatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 40 kilometer dan hanya tinggal menyisakan pengerjaan sepanjang 6 kilometer lagi. Sementara itu, ruas tol Bangkinang - Pangkalan tahap I yang meliputi sepanjang 24,7 km saat ini masih dalam proses pengerjaan dan ditargetkan selesai pada Desember 2023.

Dengan adanya dukungan dari Pemprov Riau, pembangunan jalan tol trans Sumatera di Provinsi Riau dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat setempat. ***