PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, melalui panitia seleksi (Pansel) evaluasi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemprov Riau, secara bertahap telah menjalani evaluasi terhadap 36 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 11-14 Januari 2023.

Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan, Pansel yang ditunjuk oleh Gubernur masih Pansel yang lama, diketuai oleh Prof Dr Ashaluddin Jalil MS dan anggota Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Dr M Yafiz, Dr Azharudin M Amin, dan Dr Meyzi Heriyanto.

“Secara bertahap kepala OPD sudah mulai dipanggil untuk mengikuti wawancara dan presentasi. Masing-masing kepala OPD sudah ditentukan jadwalnya, satu hari itu 10 orang yang diwawancarai dan presentasi. Pansel masih yang lama, termasuk Sekdaprov SF Hariyanto,” ujar Ikhwan Ridwan, Kamis (12/1).

Dijelaskan Ikhwan, bagi peserta yang sedang berada di luar kota atau sedang cuti, bisa mengikuti jadwal wawancara dan presentasi secara online. Karena sudah keluar jadwal, sehingga peserta tidak bisa menunda sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh Pansel.

“Contohnya kepala BPKAD Indra, saat ini sedang umroh. Jadi bisa lewat online hari ini, disesuaikan dengan jam yang ada di Arab Saudi dan disini. Kemudian hari ini ada yang langsung dengan Pansel, kepala Bapenda, Syahrial Abdi, Karo Tapem Firdaus, Karo Ekonomi Jhon Pinem, Karo Ekonomi Kemal, dan lainnya,” kata Ikhwan.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Riau, telah mendapatkan izin dari Komite Aparatur Sipil Nagara (KASN), untuk melakukan evaluasi terhadap PTP di lingkungan Pemprov Riau, setelah menjalani tugas selama satu lebih.

Evaluasi yang dilakukan terhadap pejabat yang telah menjabat satu tahun atau lebih, sedangkan yang belum satu tahun belum di evaluasi. ***