PEKANBARU – Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengimbau pedagang tidak berjualan di lokasi yang melanggar Perda Nomor 13 Tahun 2021 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Salah satunya berjualan di pinggir atau trotoar jalan.

"Kasusnya sudah ada, dan itu berbahaya bagi pengguna jalan atau pedagang itu sendiri. Selain mengganggu ketertiban, jika ada kendaraan yang oleng karena berbagai faktor, mereka bisa tertabrak dan mengalami kecelakaan," ujarnya, Selasa (25/1/2023).

Menurutnya, Satpol PP Kota Pekanbaru selalu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pedagang agar tidak berjualan di pinggir jalan. Kota Pekanbaru memiliki pasar tradisional yang bisa diisi oleh pedagang.

Selain itu, ia meminta agar dinas terkait dapat membantu melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada pedagang-pedagang yang masih berjualan di tempat yang tidak sesuai Perda.

"Kita meminta agar OPD terkait melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pedagang, seperti Disperindag. Agar mengedukasi pedagang melakukan kegiatan jual beli ditempat yang ditentukan," pungkasnya. ***