PEKANBARU - Rumah Sakit (RS) Pertamina Dumai mengapresiasi pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau. Hal itu disampaikan Direktur RS Pertamina Dumai, dr Indra Dharma saat melakukan kunjungan ke RSUD Arifin Achmad Riau, Rabu (18/1/2023).

Kunjungan RS Pertamina Dumai tersebut langsung disambut Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, drg Wan Fajriatul dan didampingi Kabid Pelayanan Medik, Kepala Instalasi Gawat Darurat, Kapala Instalasi Pengaduan Masyarakat, serta Koordinator Keperawatan Gawat Darurat.

Pertemuan ini merupakan sebuah bentuk kerja sama yang terjalin antar RS Pertamina Dumai dengan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sebagai rumah sakit rujukan.

Direktur RS Pertamina Dumai, dr Indra Dharma menyampaikan harapan dan apresiasi atas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, yang selama ini menjadi pusat rujukan pasien yang berasal dari RS Pertamina Dumai.

"Selama ini pelayanan RSUD Arifin Achmad sangat membantu kami, dan banyak sekali kemudahan yang diberikan pihak RSUD kepada pasien rujukan RS Pertamina Dumai," ucap Indra.

Karena itu, Indra berharap kerja sama ini tetap berjalan dengan baik dan bisa berkembang ke bidang-bidang lainnya, seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana.

Peningkatan tersebut, kaya Indra, sebagai bahan referensi dan acuan bagi RS Pertamina Dumai, dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan rumah sakit guna terwujudnya pelayanan dan derajat kesehatan yang optimal.

Adapun beberapa hal positif yang diberikan pihak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sebagai rumah sakit rujukan di antaranya, kemudahan akses administratif.

Kemudian, pelayanan dan tindakan yang profesionalisme dilakukan oleh tenaga ahli di bidangnya, serta kelengkapan pemeriksaan penunjang yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

"Karena itu, kerja sama yang telah terjalin selama ini kami harapkan terus berjalan dengan baik dan dikembangkan, mengingat RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau merupakan rumah sakit pusat rujukan dengan pelayanan spesialistik dan sub spesialistik," tutupnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, drg Wan Fajriatul menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan RS Pertamina kepada RSUD Arifin Achmad sebagai pusat rujukan.

"RSUD Arifin Achmad Riau ada beberapa layanan unggulan yang ada saat ini, seperti Pelayanan Kanker Terpadu, Pelayanan Jantung Terpadu, Stroke, Radiotrapi, dan lain-lain, serta alat-alat kesehatan dan alat penunjang yang cukup lengkap dan terbaru," sebutnya.

Untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses dan mendaftar ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, kata Wan Fajriatul, pihaknya memiliki program yang mana pasien bisa mendaftar secara online melalui aplikasi Mirai RSUD Arifin Achmad. Trobosan tersebut sangat membantu memudahkan dan selaras dengan era digitalisasi saat ini.

Dalam kesempatan itu, Wan Fajriatul juga menyampaikan keberhasilan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mempertahankan Status Akreditasi Paripurna, dan upaya RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau terus berbenah untuk meningkatkan kelas rumah sakit dari kelas B menuju kelas A.

"Kontribusi RSUD Arifin Achmad Riau tidak hanya di bidang pelayanan, tapi juga di bidang pendidikan dengan ditunjuknya sebagai rumah sakit pendidikan utama Fakultas Kedokteran Universitas Riau oleh Kementrian Kesehatan RI. Dengan demikian RSUD Arifin Achmad menjadi salah satu tempat pendidikan mahasiswa kedokteran dan program spesialis," tandasnya. ***