PEKANBARU - Sebagai organisasi yang banyak menduduki posisi penting di negeri ini, baik sebagai pejabat negara hinga level daerah, kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diharapkan dapat memberi sumbangsih, bertindak, berpikir, serta berkiprah di tengah masyarakat dalam membimbing generasi muda untuk membangun Provinsi Riau.

Harapan tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat menghadiri pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko) HMI Riau-Kepri dan Korps HMI-Wati (Kohati) Badko Riau-Kepri periode 2021-2023 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis (19/1/2023) malam.

Gubernur Syamsuar melihat, keberadaan HMI menorehkan sejarah dalam perjalanan bangsa telah banyak melahirkan kader-kader pemimpin bangsa dan pemimpin daerah, untuk itu diharapkan kader HMI tidak berpuas diri dan semakin menunjukkan potensi diri dalam membangun negeri.

"Kader HMI telah memperlihatkan berbagai peranan yang besar dalam berbagai bidang kehidupan, diharapkan kader HMI tidak cepat berpuas diri dan para kader HMI hendaknya selalu berupaya mencari terobosan baru," ujar Gubri.

Kita patutu berbangga karena Himpunan Mahasiswa Islam merupakan salah satu organisasi yang selalu dipertimbangkan oleh berbagai kelompok kepentingan, terutama bagi pengambil kebijakan

Sebagai organisasi perjuangan, HMI berperan sebagai organisasi yang selalu berjuang melakukan dan membentuk kader bangsa yang muslim, intelektual, dan profesional dimana outputnya ditujukan untuk kepentingan bangsa secara keseluruhan.

Untuk itu, diperlukan perubahan dalam tubuh HMI demi tercapainya tujuan HMI, kader-kader HMI harus berani menegakkan nilai-nilai kebenaran dengan menjadikan Islam sebagai sumber kebenaran yang tidak bisa diganggu gugat.

"Kita patutu berbangga karena HMI merupakan satu dari sekian banyaknya organisasi yang menjadi kekuatan yang selalu dipertimbangkan oleh berbagai kelompok kepentingan, terutama bagi pengambil kebijakan, karenanya sumbangsuh dan peran HMI sangat kami harapkan terutama untuk membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di daerah ini," pungkas Gubernur Syamsuar.

Gubri berharap adanya organisasi HMI di Provinsi Riau bisa membawa angin segar bagi kemajuan Bumi Lancang Kuning kedepannya. ***