PEKANBARU - Tim penyuluh dari Dinas Pertanian dan Peirkanan (Distankan) Kota Pekanbaru memberi penyuluhan kepada Kelompok Tani (Poktan) Amara Jaya, Senin (2/1/2023). Mereka mendampingi poktan ini dalam membuat produk olahan dari buah semangka.

Para anggota poktan nantinya bisa membuat sirup, selai dan manisan dari buah semangka. Buah semangka merupakan buah yang sangat manis dan segar dan sudah banyak dibudidayakan oleh para petani termasuk petani yang ada pada Kelompok Tani Amara Jaya.

Buah semangka banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai buah segar atau juga juice dan bahkan es buah. Buah semangka digemari oleh semua lapisan masyarakat karena cita rasanya yang manis dan banyak mengandung air serta vitamin.

Namun tak banyak orang yang tau cara mengolah semangka. Selain bisa untuk dimakan, buah ini bisa diolah menjadi produk sirup, selai dan manisan.

"Maka kita beri penyuluhan kepada Kelompok Tani Amara Jaya yang terletak di Kelurahan Binawidya Kecamatan Binawidya," papar PPL Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Shally Mahardika Putri, S.TP.

Banyaknya hasil pertanian buah semangka, Kelompok Tani Amara Jaya yang merupakan binaan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, bersama sama mengolah semangka menjadi selai, sirup dan manisan. Mereka didampingi petugas penyuluhan.

Shally memberi penyuluhan kepada kelompok tani amara jaya bagaimana semangka mulai dari daging sampai kulit bisa diolah menjadi sirup, selai dan manisan. Hal ini bertujuan agar ibu ibu kelompok tani dapat menyerap ilmu yang diberikan dan dapat termotivasi serta mengembangkannya untuk meningkatkan nilai ekonomi keluarga.

Untuk mengenalkan hasil olahan semangka ini kepada masyarakat, nantinya Kelompok Tani Amara Jaya akan mendirikan bazar yang akan digalang oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru pada Acara Panen Raya Semangka di Kelompok Tani Amara Jaya yang akan dilaksanakan pada Januari 2023. ***