DUMAI - Berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Dumai di Riau, kualitas udara 6 hari belakangan ini tidak sehat. Hari ini saja, Senin (29/8/2016) ISPU mencatat 166 Psi pada pukul 07.00 WIB, yang menyatakan udara tidak sehat. Meskipun demikian, Dinas Pendidikan Kota Dumai belum mau mengeluarkan pengumuman libur sekolah.

Informasi yang dihimpun GoRiau.com, dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai, beberapa hari belakangan ini kondisi udara di Kota Dumai tidak sehat, dari tanggal 24 Agustus 2016, ISPU 137 Psi pukul 07.00 WIB. Sedangkan pada tanggal 28 Agustus 2016, ISPU tembus 369 Psi pukul 07.00 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan (Diskdik) Kota Dumai, Syaari tidak bisa ditemui dan dihubungi GoRiau.com. Melalui Kabid Dikmen Disdik Kota Dumai, Misdiono mengatakan bahwa saat ini kegiatan belajar mengajar masih berjalan seperti biasa.

"Kabut asap belum mengganggu aktifitas belajar di sekolah. Kita (Disdik, red) juga menunggu perkembangan informasi dari KLH Dumai dan Dinas Kesehatan. Juga surat keputusan dari Walikota Dumai, yang menyatakan kegiatan belajar mengajar untuk sementara diliburkan," kata Misdiono.

Ditempat terpisah, Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Bambang Surianto saat dihubungi GoRiau.com mengatakan, bahwa saat ini pencemaran udara di Kota Dumai terkadang naik dan turun.

"Dari data ISPU, pencemaran udara masih naik dan turun. Kalau naik terus dan berlangsung lama. Kita keluarkan surat kepada Walikota Dumai, kalau aktifitas di luar sudah berbahaya," ujar Bambang saat dedang dinas di Kota Pekanbaru. ***