PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengunjungi salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sukses di Kabupaten Pelalawan.

"BUMDes yang menjadi sasaran kunjungan BPM Lima Puluh Kota yakni BUMDes khusus di Kecamatan Ukui," terang Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pelalawan, Zamur Das, usai mendampingi rombongan baru-baru ini.

Dikatakan Zamur, kunjungan BPM Kabupaten Lima Puluh kota tersebut bertujuan untuk mengetahui keunggulan dan keberhasilan pengelolaan kegiatan BUMDes di Kabupaten Pelalawan.

''BUMDes kita ini pernah menjadi juara satu tingkat Provinsi Riau 2013 lalu. Disanalah rombongan BPM Lima Puluh Kota beranjangsana,'' ungkapnya.

Disebutkan Zamur, beberapa kelebihan ataupun keunggulan BUMDes tersebut, diantaranya tingkat pengembalian dana pinjaman 100 persen, adanya tabungan masyarakat di BUMDes.

''Tidak hanya itu, penatakelolaan keuangan yang sangat bagus menjadi prestasi tersendiri,'' sebutnya.

Dibeberkan Zamur, sebelumnya modal BUMDes tersebut berasal dari dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) sebesar Rp500 juta dan sekarang sudah diatas Rp 1 milyar lebih.

''Tentunya atas prestasi itu, BPM kabupaten dari provinsi tetangga kita tertarik untuk mengetahui yang kemudian akan diterapkan disana,'' ujarnya.(***)