DURI, GORIAU.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis menggelar Workshop Jurnalistik, diikuti oleh wartawan yang bertugas di Negeri Junjungan. Kegiatan yang berlangsung sehari ini digelar di Duri, Rabu (24/12/2014).

Sebanyak 100 wartawan ambil bagian dalam workshop yang dibuka oleh Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum, Dr. H. Herdi Salioso. Sementara nara sumber, Ketua Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Riau, Dr. H. Syafriadi dan Sekretaris PWI Riau, Eka PN.

Bupati Bengkalis dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum, sangat menyambut positif kegiatan ini. Ia berharap melalui kegiatan ini, wartawan yang bertugas di Kabupaten Bengkalis yang pada umumnya masih muda-muda, bisa meningkatkan wawasan dan pengalaman tentang jurnalistik yang terus dinamis.

''Apalagi saya lihat nara sumber yang dihadirkan merupakan wartawan senior di Riau. Banyak sekali pengalaman jurnalistik yang mereka punyai dan itu tidak ada dalam buku-buk jurnalistik. Jadi manfaatkanlah kesempatan ini,'' ujar Asisten.

Pada kesempatan itu Asisten juga berharap pers ikut berperan dalam pembangunan daerah, di samping peran pers sebagai sosial kontrol.

Selain membuka workshop, Asisten juga ikut menyampaikan materi kepada wartawan tentang pengalamannya yang punya kedekatan dan hubungan baik dengan wartawan.

''Pena kawan-kawan wartawan sangat banyak jasanya kepada saya. Saya bisa begini hari ini, juga tidak terlepas dari peran kawan-kawan pers yang ikut mendorong dan mempromosikan saya,'' ujarnya.

Sementara Dr. Syafriadi dalam pemaparannya menyampaikan tentang UU Pers dan kode etik jurnalistik. Ia mengingatkan kepada wartawan untuk memahami dan mentaati kode etik jurnalistik dalam melaksanakan tugas-tugas kewartawanan sehingga tidak menimbulkan persoalan hukum.

Sedangkan Sekretaris PWI Riau, Eka PN menekan pentingnya profesionalitas, idealisme dan kredebilitas dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

''Tidak semua fakta layak diberitakan. Prinsip bad news is good news harus disikapi secara arif oleh seorang wartawan sebelum menulis sebuah berita untuk dipublikasikan ke publik,'' ujarnya.

Sebelumnya Ketua PWI Bengkalis, Usman Malik menyampaikan bahwa workshop jurnalistik ini merupakan program kerja PWI Bengkalis tahun 2014. Tujuannya tak lain adalah menambah wawasan para wartawan yang ada di Kabupaten Bengkalis sehingga bisa menunjang dalam menjalankan tugas sehari-hari.

''Saya berharap kawan-kawan bisa mengikuti workshop ini sampai selesai karena nara sumber yang dihadirkan panitia merupakan wartawan senior di Riau dan secara akademis juga sudah sangat mumpuni. Pak Syafriadi merupakan satu-satunya doktor pers di Riau, sementara Eka PN adalah magister komunikasi jebolan Malaysia,'' harapnya.

Pada kesempatan itu, Usman Malik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis yang senantiasa mendukung program kerja PWI Kabupaten Bengkalis. Ia berharap hubungan kerjasama yang baik ini bisa terus berlanjut dan bisa lebih ditingkatkan di masa-masa mendatang.(jfk)