BENGKALIS, GORIAU.COM - Pelestarian dan konservasi tanaman nipah dan energi bioenthanol yang ditampil Kabupaten Bengkalis, mampu mencuri para pengunjung Pekan Lingkungan Hidup (PLI) ke-18 Tahun 2014 yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Kesra yang diwakili Deputi I Bidang Koordinasi Sosial dan Kerawanan Sosial di Hall Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, Jumat (30/5) lalu.


Seperti disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, H Arman, AA ketika dihubungi, Sabtu (31/5/2014), mengatakan bahwa PLI ini sangat penting artinya bagi Kabupaten Bengkalis dalam rangka mempromosikan berbagai keunggulan pembangunan lingkungan hidup.


Walaupun ini pameran perdana dengan stand sendiri, ternyata materi yang kita tampilkan tidak kalah dari 100 kabupaten lain yang ikut dalam pameran ini.''Materi yang kita sajikan mampu mencuri perhatian pengunjung yang datang ke stand Bengkalis yang berhadapan langsung dengan stand Pertamina. Seperti pelestarian dan konservasi tanaman nipah yang ada sepanjang pesisir pantai Kabupaten Bengkalis,'' jelasnya.


Pengunjung ingin tahu bagaimana keseriusan Pemkab Bengkalis mampu mengolah tanaman nipah ini menjadi energi alternatif yang ramah lingkungan.Pengunjung juga ingin tahu nipah bisa diolah menjadi bahan bakan nabati rendah emisi. Kebanyakan ingin tahu penjelasan tentang bioethanol nipah kadar 100%, 70%, biopertamax nipah 95%, pertamax plus 5% ethanol, biopremium E20 nipah 80$ bensin plus 20% ethanol.


Untuk mengantisipasi anomali cuaca ekstrim yang diprediksi akan terjadi sampai dengan bulan September tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah melakukan upaya-upaya komprehensif yang dituangkan dalam program dan kegiatan terpadu seperti sosialisasi di tengah masyarakat akan pentingnya menimbulkan kesadaran untuk tidak membakar lahan yang sebagian besar gambut rawan akan kebakaran.


Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga telah menyiapkan SDM masyarakat peduli api dengan memberikan pelatihan bekerjasama dengan Kementerian LH.


''Pemerintah Kabupaten Bengkalis secara terpadu serius menjaga dan melestarikan cagar biosfir yang menjadi kebanggaan dan menjadi paru-paru dunia,'' jelasnya.(jfk)