PEKANBARU, GORIAU.COM - Berbagai cara terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau demi terselenggaranya Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) putaran kedua yang baik dan cerdas, tanggal 27 November mendatang.

Salah-satunya dengan sosialisasi yang dilakukan hari ini, Jumat (22/11/2013) pagi. KPU Riau mengadakan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip, Universitas Riau (Unri).

Pada sosialisasi ini KPU juga menghadirkan pembicara dari Fakultas Ilmu Komunikasi Fisip Unri, Belli Nasution. Belli mengatakan dalam pilgubri ini partisipasi masyarakat merupakan peran yang sangat penting dalam menentukan pemimpin yang bagus. ''Kalau masyarakatnya cerdas pasti pemimpin yang terpilih juga cerdas,'' ungkapnya.

Menurutnya, komunikator politik itu harus disaring secara cermat dari para tim sukses para parpol dalam Pilgubri putaran kedua mendatang. Dia berharap mahasiswa bisa menjadi motor dalam pilgubri nantinya sehingga benar-benar terpilih pemimpin yang cerdas, ''mari kita sumbangkan ilmu politik yang kita punya,'' ajaknya kepada mahasiswa.

Ia juga mengajak mahasiswa lebih rasional dalam memilih, apapun bentuk ajakannya harus bisa memilah dan menilai, ''jika mau ambil uangnya, silakan, kalau tidak silakan, tapi kita tetap rasional dalam memilih," tegasnya.

Acara yang berlangsung di Auditorium Fisip Unri ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa ataupun masyarakat untuk turut serta memantau dan ikut andil didalamnya. ''Pada putaran pertama para mahasiswa kurang berperan aktif dalam Pilgubri, dengan diadakan sosialisasi ini, kita berharap mahasiswa bisa berperan aktif dalam Pilgubri,'' tegas Robi Armilus selaku ketua panitia. ***