JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam konferensi pers yang dipantau virtual, Rabu (22/6/2022) mengatakan, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo akan bertolak ke Ukraina dan Rusia pada akhir Juni ini.

"Dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskwa, presiden akan bertemu dengan Presiden (Volodymyr) Zelensky dan Presiden (Vladimir) Putin," ujar Retno Marsudi sebagaimana dikutip GoRiau.com.

Baca Juga: Pagi Ini, Harga Minyak di Asia Turun Setelah Sempat Naik Akibat Sanksi Rusia

Baca Juga: Aktivis Greenpeace Hadang Kapal Berlogo Pertamina yang Bawa Minyak dari Rusia

Menlu Retno mengatakan, Presiden Jokowi yang juga Ketua Presidensi G20 akan mengunjungi Kyiv dan Moskwa setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu pada KTT G7 di Jerman pada 26 dan 27 Juni 2022.

Seperti diketahui, perang Rusia dan Ukraina masih memanas hingga kini. Lansiran Reuters hari ini menyebut, Pasukan Rusia baru saja menggempur kota terbesar kedua di Ukraina Kharkiv dan pedesaan sekitarnya dengan roket. Serangan ini menewaskan sedikitnya 15 orang dalam apa yang disebut Kyiv sebagai upaya untuk memaksanya menarik sumber daya dari medan perang utama untuk melindungi warga sipil dari serangan menyerang.

Baca Juga: Pasukan Rusia Bombardir Masjid Tempat Berlindung Warga Sipil

Baca Juga: Akibat Sanksi ke Rusia, Minyak Catat Hari Terburuk Sejak Pandemi

Di Rusia, api melahap kilang minyak hanya 8 km (5 mil) dari perbatasan Ukraina. Kantor berita Rusia TASS mengutip seorang pejabat lokal yang mengatakan bahwa pesawat itu ditabrak oleh pesawat tak berawak.

Serangan Rusia di Kharkiv, sepanjang Selasa dan berlanjut pada Rabu pagi adalah yang terburuk selama berminggu-minggu di daerah di mana kehidupan normal telah kembali sejak Ukraina mendorong pasukan Rusia kembali dalam serangan balasan besar bulan lalu.***