PARIAMAN - Dermaga apung di Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) telah diperbaiki dan difungsikan lagi, pascarusak akibat hantaman ombak beberapa bulan lalu.

Dermaga tersebut sudah bisa digunakan kembali untuk sandar perahu wisata maupun perahu nelayan. Selama rusak, perahu wisata ke Pulau Angso Duo terpaksa menaikkan dan menurunkan penumpang di pantai pulau, dan pengunjung terpaksa basah-basah.

“Dermaga telah selesai diperbaiki sejak pertengahan Desember 2019 lalu. Kini telah berfungsi kembali. Dermaga sudah aman digunakan untuk sandar perahu, maupun untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Pengunjung pulau tak perlu lagi berbasah-basah turun naik perahu wisata,” kata Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Pariaman, Dasril, Minggu (5/1/2020) seperti dikutip dari hariansinggalang.co.id.

Perbaikkan dermaga dianggarkan DP3 sebesar Rp120 juta. Anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan komponen dermaga yang rusak dan harus diganti. Seperti tiang beton dan komponen lain.

Pengerjaan perbaikkan dermaga memakan waktu lama, karena terkendala cuaca dan gelombang laut. Pekerjaan memakan waktu selama 25 hari

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Alfian mengatakan, sejak rusaknya dermaga apung, berpengaruh pada kunjungan wisatawan ke Pulau Angso Duo. (tomi/hsc)