SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH minta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk bergerak cepat pasca dilantik dan bisa memanfaatkan potensi daerah untuk mengangkat ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Adil saat menghadiri pelantikan Hj Rinarni M Adil sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2021-2026 yang digelar secara teleconference, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Senin (30/8/2021).

Turut hadir dalam acara pelantikan itu, Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhamamd Adil SH, Wakil Bupati AKBP (Purn) H Asmar, Ny Ismiatun Asmar SE, Sekretaris Daerah, Dr H Kamsol MM, serta kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab Meranti.

Pelantikan Hj Rinarni M Adil, sebagai Ketua Dekranasda Kepulauan Meranti langsung dilakukan oleh Ketua Dekrenasda Provinsi Riau, Hj Misnarni Syamsuar yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh Pembina Dekranasda Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil.

Dalam pengarahannya selaku Pembina Dekranasda Kepualuan Meranti, H Adil meminta kepada ketua dan pengurus Dekranasda Kepulauan Meranti untuk bergerak cepat untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Salah satunya memanfaatkan semua potensi Meranti yang ada di desa dengan memberdayakan anak-anak Meranti untuk mengangkat ekonomi masyarakat.

Adapun potensi Meranti yang layak untuk dikembangkan adalah Rotan, Kopi, serta Aneka olahan Kue berbahan dasar Sagu.

Hal itu sejalan dengan program strategis Bupati dan Wakil Bupati Meranti, H Muhammad Adil-H Asmar, yang akan mencetak 9500 usahawan baru di Meranti.

"Ayo Dekranasda cari potensi desa sebanyak banyaknya yang terpenting bagaimana anak-anak Meranti bisa bekerja, nantinya kita butuh pembuat kue semprong 600 orang, begitu juga kue bangkit, dan olahan Sagu lainnya," jelas Bupati Adil.

Dan menurutnya ini juga dapat menjadi solusi bagi honorer Meranti khususnya tamat SMA yang kemungkinan akan dirumahkan sebagai peluang usaha yang cukup potensial. Hasil produksi UMKM ini bukan saja dapat dipasarkan didalam daerah tapi juga dapat dipasarkan secara global dengan memanfaatkan teknologi IT yang berkembang pesat saat ini.

"Tujuannya agar nantinya anak-anak Meranti menjadi generasi yang tangguh, bersemangat dan profesional yang mampu memanfaatkan semua potensi yang ada di daerah untuk mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ucap Bupati Adil.

Dan untuk mewujudkan hal itu Legislator DPRD Riau 2 Periode itu juga meminta kepada OPD terkait untuk ikut mengambil peran dalam membina para pelaku UMKM sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Jadi untuk membina para pelaku usaha ini tidak hanya dibebankan kepada Disperindag saja tapi diharapkan semua OPD dapat mengambil peran sesuai dengan bidangnya sehingga apa yang diprogramkan dapat berjalan lebih masif dan sukses," ungkapnya.***