PEKANBARU - Kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah yang digelar Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB), Minggu (13/5/2018) di Transmart Pekanbaru berhasil mengumpulkan 222 kantong darah.

Akiong Plasma selaku Ketua Panitia Baksos Donor Darah IKPTB merasa cukup puas dengan pelaksanaan donor darah IKPTB tahun ini, meski jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan masih belum mencapai target yang diharapkan.

"Hari ini ada beberapa komunitas juga mengadakan baksos donor darah, sehingga para pendonor terpecah kebeberapa lokasi lain yang mengadakan baksos sehingga target yang kami rencanakan tidak tercapai," ucapnya.

Meski begitu, Akiong melanjutkan, antusias pengunjung Transmart Pekanbaru cukup tinggi mengikuti baksos donor darah yang digelar IKPTB. Sebab, pihaknya menyediakan berbagai fasilitas kesehatan bagi pengunjung yang datang.

"Suasana baksos di Transmart Pekanbaru sangat ramai karena disamping donor darah, kita juga menyediakan pengecekan kesehatan berupa cek gula darah, kolesterol, asam urat dan sebagainya yang dilakukan oleh Rumah Sakit Awalbros Pekanbaru sebagai mitra IKPTB," paparnya.

"Disamping itu juga, para pendonor disuguhi madu dari Madu Nusantara sebagai sponsor acara ini. Acara baksos ini juga dihadiri dr Bebe Gani yang merupakan Kepala UTD PMI Pekanbaru dan beberapa pejabat dari PMI Pekanbaru," tambahnya.

Sementara itu, Yudhoyono Wijaya selaku Wakil Ketua Umum IKPTB mengaku sangat gembira dengan ramainya pengunjung Transmart Pekanbaru yang mendonorkan darahnya pada kegiatan baksos donor darah yang digelar IKPTB.

"Donor darah telah menjadi trend saat ini, selain bermanfaat untuk kesehatan, si pendonor juga bisa membantu saudara kita yang membutuhkan, apalagi dalam beberapa hari lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa maka sangat perlu kita membantu PMI untuk menjamin ketersediaan stok darah," jelasnya.

Yudhoyono Wijaya melanjutkan, bakti sosial donor darah kali ini diadakan selain menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, juga dalam rangka memperingati Hari Tri Suci Waisak 2562 BE. "Dan juga rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun IKPTB ke-19 dalam waktu dekat ini," imbuhnya.

Terpisah, Ketua Harian IKPTB, Dirmanto menambahkan, sebagai sebuah perkumpulan sosial IKPTB selalu berperan aktif dalam melaksanakan berbagai agenda kegiatan sosial seperti baksos pembagian sembako.

"Juga baksos donor darah, bantuan pengobatan bagi anggota yang tidak mampu, serta bantuan pendidikan untuk anak anggota IKPTB yang berprestasi dan bebagai kegiatan sosial lainnya," terang Dirmanto.

Bahkan pada bulan Januari 2018 lalu, IKPTB juga ikut bekerjasama dengan Konsul Singapore dan SMILE ASIA Singapore mengadakan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit di Kota Batam.

"Kami sangat senang sekali, karena berbagai kegiatan sosial yang digelar IKPTB selalu mendapat dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak. Sebab, apa yang kami lakukan semuanya untuk bisa membantu saudara-saudara kita yang memang layak mendapat bantuan dari kita semua," ulasnya.

"Beberapa waktu yang lalu IKPTB juga turut berpartisipasi pada acara RIAU AUTFEST 2018 di Menara Dang Merdu bulan April 2018 lalu yang diselengarakan oleh Pekanbaru Lab School dalam rangka World Autism Awareness," tutup Dirmanto.***