JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan tahun ini diperkirakan 85 juta orang akan mudik Lebaran berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Angka tersebut mengalami meningkat 40 persen dari penyelenggaraan mudik pada tahun 2019.

Budi mengatakan, pihaknya siap mengawal pelaksanaan mudik Lebaran 2022 melalui jalur darat. Hal tersebut menjadi fokus karena sekitar 85 juta orang atau 47 persen pemudik diprediksi melalui jalur darat.

Penegasan itu disampaikan Menhub saat meninjau persiapan mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/4/2022).

"Tentu jumlah yang sangat besar. Oleh karenanya konsisten kita untuk mengawal mudik baik jalur darat sebanyak 47 persen," kata Budi.

Pada kesempatan itu, Menhub mengajak seluruh pihak mulai dari Perusahaan Otobus (PO), DAMRI hingga kepala dinas untuk meningkatkan kapasitas dan bersinergi untuk menjamin kelancaran mudik angkutan massal jalur darat.

"Kita pastikan sopirnya dalam keadaan sehat. Oleh karenanya kita melakukan beberapa kegiatan yang menjadi beberapa persyaratan," tandas dia, dukutip dari iNews.id.***