BANGKINANG - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau melantik pengurus PWI Kabupaten Kampar masa bakti 2023-2026, Kamis (21/12/2023). Sebelum dilantik, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) Pelantikan oleh Sekretaris PWI Riau periode 2023-2028 N Doni Dwi Putra. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar.

Dalam sambutannya, Raja Isyam Azwar mengajak seluruh pengurus dan anggota PWI Kampar untuk menjaga kekompakan dan marwah pertemanan.

"Sekali lagi saya mengajak, dahulukanlah persatuan kita. Kita harus melangkah maju. Jangan terhenti dalam bencah berlumpur berisi sakit hati akibat kekalahan atau perbedaan itu. Kita harus move on," ucap Raja Isyam.

Raja Isyam Azwar juga menyoroti integritas dan kompetensi wartawan PWI. Ia mendorong PWI Kampar untuk terus meningkatkan kualitas kemitraan dengan pemerintah daerah, terutama dalam menyelenggarakan UKW dan SJI di tingkat kabupaten.

"Sebenarnya, wartawan ini profesi yang boleh dijamin masuk surga. Tapi itu berlaku bagi yang ingin saja. Kalau sudah Berketuhanan Yang Maha Esa, tentu harus menjalankan profesi sesuai ajaran agamanya," tuturnya.

Dalam konteks ini, ia menegaskan pentingnya menjauhi fitnah dan hoax serta menjaga etika perilaku. Raja Isyam Azwar juga mengingatkan, wartawan PWI memiliki tanggungjawab moral untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong perbaikan sistem.

Pada akhirnya, Raja Isyam Azwar mengapresiasi Pemkab Kampar yang telah memberikan dukungan kepada PWI Kampar.

"Hari ini, Pemkab kampar telah menjadi salah satu kabupaten yang membuktikan kepeduliannya terhadap PWI. Ucapan terimakasih kami juga, teruntuk kepada bupati yang telah tanpa pamrih, selalu mendukung PWI dalam kebersamaan," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Raja Isyam Azwar saya juga mengingatkan tentang salah satu program prioritas PWI secara nasional. Yakni mengawal pemilu damai.

"Di pusat, PWI menfokuskan program untuk mengawal proses transisi kepemimpinan nasional dan keutuhan bangsa. Begitu pun di daerah, kita akan melakukan hal yang sama. Mari kita proaktif dalam mengawal jalannya pemilu supaya berjalan sukses, dalam suasana aman damai dan tenteram. Kita mengawal dengan integritas dan obyektif, tetap independen dan tidak partisan. Tentu saja, kepada masyarakat, kità juga sekaligus menjadi agen yang membawa pesan2 kesejukan melalui berita-berita yang kita bagikan di tengah2 masyarakat," tutupnya. ***