PEKANBARU - Santunan kematian bagi ahli waris warga miskin yang meninggal dunia, sudah bisa dicairkan di Kota Pekanbaru. Kepala Dinas Sosial (Dissos) Kota Pekanbaru, Idrus mengatakan, santunan kematian itu sudah disalurkan kepada tiga orang warga selama Januari 2023.

Ia menjelaskan, santunan kematian diberikan kepada ahli waris warga yang meninggal dunia, di Jalan Indragiri, Kecamatan Sail. Kemudian juga kepada warga di Jalan Teratai, dan Jalan Lembah Mulia di Kecamatan Sail.

"Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warga. Kita berharap dengan memberikan bantuan ini dapat sedikit meringankan beban keluarga dari warga yang sedang berduka," ujarnya, Senin (24/1/2023).

Ia menjelaskan, program santunan kematian ini merupakan program prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Santunan yang diberikan sebesar Rp1 juta untuk ahli waris dari seorang warga yang meninggal dunia.

Sebelumnya Idrus memaparkan bahwa santunan kematian sosial bagi warga miskin diberikan sebesar Rp1 juta perwarga. Penerimanya adalah salah satu ahli waris dari warga yang meninggal tersebut.

"Warga miskin yang berhak adalah warga yang terdaftar di DTKS," jelasnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau peran aktif RT/RW untuk mendata warga miskin yang ada dilingkungannya. Data itu kemudian diusulkan ke kelurahan untuk dimusyawarahkan.

"Kami imbau RT/RW selalu mendata warganya, jika ada yang miskin dan belum masuk DTKS, usulkan ke kelurahan agar dimusyawarahkan. Nanti, hasil musyawarah kelurahan itu disampaikan ke Dissos untuk kita serahkan ke Kementerian Sosial," jelasnya.

Idrus menjelaskan, Kementerian Sosial adalah pihak yang nantinya menentukan apakah warga tersebut harus masuk DTKS atau tidak. Jadi, Dissos hanya memfasilitasi, agar usulan dari kelurahan sampai kepada kementerian.

"Nanti, untuk pemberian santunan kematian itu, Dissos juga hanya memfasilitasi untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan. Kemudian mengusulkan kepada BPKAD Pekanbaru agar santunan dicairkan kepada penerima," pungkasnya.

Sementara itu, saat ini tercatat ada 286.000 jiwa warga miskin yang terdata di DTKS Kota Pekanbaru, atau sekitar 88.000 KK. ***