TELUKKUANTAN - Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau belum memiliki sarana prasarana yang memadai untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing, Jupirman, SPd kepada GoRiau.com, Rabu (1/2/2017) di Telukkuantan.

"SMP sederajat masih kekurangan sarana prasarana, seperti komputer dan jaringan Internet untuk melaksanakan UNBK," ucap Jupirman.

Kedua komponen itu, lanjut Jupirman, merupakan hal dasar dalam pelaksanaan UNBK. "Ada pun komputer, tapi jaringan Internet tak ada atau tak bagus, juga tak akan bisa melaksanakan UNBK."

"Karena itu, kita tetap menggunakan ujian nasional dengan sistem manual LJK (Lembar Jawaban Komputer)," tambah Jupirman.

Berdasarkan konsultasi dengan Kementerian Pendidikan, lanjut Jupirman, menteri tak memaksakan pelaksanaan UNBK.

"UNBK hanya diwajibkan kepada sekolah-sekolah yang sudah memadai. Pak Menteri tak memaksa sekolah yang tak punya sarana prasarana yang lengkap," ujar Jupirman.

Berdasarkan data yang ada di Disdikpora Kuansing, terdapat 4.160 siswa dari 74 SMP. Sedangkan untuk 24 MTs, ada 1.335 siswa. *** #KUANSING