RENGAT- Puluhan perwakilan Kades (Kepala Desa) dari beberapa kecamatan yang di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang dipimpin langsung Ketua Forum Kades se Inhu Aripin, Kamis (31/12/2015) sore tadi seruduk kantor bupati dan kantor DPRD Kabupaten Inhu.

Kedatangan mereka guna mempertanyakan aloksi dana desa yang bersumber dari bagian dari hasil pajak dan retribusi daerah yang hingga saat ini tak kunjung dicairkan Pemkab Inhu kepada masing-masing desa.

Pantauan GoRiau.com saat itu, dalam orasi yang disampaikan Aripin, mereka meminta Pemkab Inhu untuk segera membayarkan kepada desa dana bagian dari hasil pajak dan retribusi daerah tersebut, mengingat waktu tahun anggaran 2015 hanya tinggal satu hari.

Namun sayang, ketika para Kades tersebut menghabiskan energi menyampaikan tuntutan, namun tak seorangpun pejabat Pemkab Inhu yang menyambut kedatangan mereka. Kesal dengan hal itu, puluhan Kades tersebut langsung bertolak ke kantor DPRD Inhu untuk menyampaikan aspirasi.

Setiba di DPRD Inhu, rombongan Kades tersebut disambut langsung Ketua Komisi I DPRD Inhu Samsudin di ruangan kerjanya. Tampak juga hadir Ketua DPRD Inhu Miswanto, Wakil Ketua II DPRD Inhu Adila Ansori dan Ketua Komisi lll DPRD Inhu R Irwantoni.

"Kedatangan kami ke gedung DPRD Inhu ini guna menyampaikan permasalahan terkait kewenangan desa dalam hal pajak dan restribusi desa sebagaimana yang sudah diatur dalam peraturan perundang undangan. Sebab, hingga saat ini dana tersebut belum masuk ke rekening desa," sebut Aripin dihadapan para pimpinan wakil rakyat itu.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Inhu Miswanto menyampaikan bahwa, pihaknya tidak bisa menjawab keluhan para kades tersebut, karena yang berkopeten adalah pihak pemerintah daerah.

"Ini tidak bisa saya jawab, namun saya minta waktu untuk memanggil pihak pemerintah yang terkait dengan hal ini. Silahkan ditunggu, kita akan panggil pihak pemerintah untuk dengar pendapat," pungkas Miswanto yang langsung menyatakan rapat diskor.***