PEKANBARU, GORIAU.COM - Bertepatan tahun baru Islam, 1437 Hijriah, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menerima kunjungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (Unri) di kediamannya Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru, Riau, Rabu (14/10/2015).

Dipimpin Presiden Mahasiswa UR Andres Pransiska dan sembilan rekannya, kunjungan ke rumah dinas Plt Gubri itu bertujuan untuk meminta pemerintah agar lebih transparan kepada masyarakat, terutama dalam hal penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Riau.

"Kami akan mendukung kepemimpinan Pak Gubri untuk mengawal setiap perusahaan, supaya tidak semena-mena menjalankan usahanya. Agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat Riau," katanya.

Lanjut Presma UR, perusahaan yang ada di Riau harus berkontribusi bagi masyarakat. Jika ada perusahaan yang tidak patuh serta melanggar aturan, Plt Gubri diminta bersikap tegas dengan mengambil kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada masyarakat.

"Pengelolaan Blok Langgak sampai saat ini tidak jelas hasil dan keuntungannya bagi kesejahteraan masyarakat Riau," ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubri yang langung menyambut kedatangan BEM UR mengaku sangat berterima kasih atas masukan yang diberikan mahasiswa melalui berdiskusi tersebut.

"Dengan berdiskusi seperti ini, segala sesuatu yang disampaikan akan lebih efektif dan hasil yang lebih baik. Terima kasih atas masukannya, ke depannya kami akan lebih terbuka kepada masyarakat," jawab Andi Rachman, sapaan akrab Plt Gubri.

Dia mengakui, Pemprov Riau terus berupaya mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya, dalam waktu dekat akan dibangun pelabuhan industri di Kuala Enok, Kabupaten Indragiri Hilir yang nantinya menjadi pelabuhan CPO di Riau bagian Selatan.(rat)