JAKARTA - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menghasilkan nota kesepahaman.

"Kedua Partai bertemu dalam rangka silaturahim kebangsaan dan saling menjajaki untuk menyamakan pandangan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsy kepada GoNews.co saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Pertemuan antara kedua petinggi partai itu digelar di NasDem Tower, Jl. R.P Soeroso No. 42-46, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Hasil dari pertemuan satu jam ini setidaknya menghasilkan tiga nota kesepahaman.

Pertama, PKS dan NasDem sepakat akan membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengungkapkan harkat martabat dirinya
sebagai warganegara dalam nilai-nilai Pancasila di atas kepentingan kelompok dan golongan.

Kedua, menjadikan pemilu serentak 2024 sebagai instrumen demokrasi yang penuh semangat toleransi dan persatuan bangsa. Dan ketiga, menyepakati persiapan kerjasama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama.

Kedua partai juga saling menghormati sikap konstitusional dan pilihan politik masing-masing. Perbedaan sikap politik kedua Partai selama ini tidak menjadi penghalang bagi NasDem dan PKS untuk berjuang bersama-sama menjaga demokrasi agar tetap sehat dengan memperkuat fungsi check and balances di DPR RI.

Untuk diketahui, Presiden PKS Ahamad Syaikhu tiba sekitar pukul 13.10 WIB. Ia didampingi sejumlah pengurus DPP PKS mulai dari Wakil Ketua Majelis Syuro M Sohibul Iman, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy, hingga Bendum Mahfudz Abdurrahman.

Adapun kedatangan Syaikhu disambut oleh sejumlah pengurus NasDem seperti Waketum Ahmad Ali hingga Ketua DPP Willy Aditya. "Alhamdulillah [sehat]," kata Syaikhu saat saling menyapa dengan pengurus DPP NasDem.

Usai Rakernas NasDem pekan lalu, Ketua DPP Willy Aditya mengungkap sejumlah parpol sudah menghubungi NasDem untuk membahas koalisi.
Menyusul pernyataan Willy, PKS mengatakan akan menyambangi NasDem Tower untuk membahas koalisi hari ini. "Insyallah kita akan bertemu dengan pimpinan NasDem, kita sudah komunikasi teman-teman, dengan saudara Willy yang sudah ada di sana. Nanti disambut oleh Pak Surya Paloh pada Rabu siang," kata Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohammad Sohibul Iman usai pembukaan Rapimnas PKS di Grand Sahid Jaya, Senin (20/6).***