SIAK SRI INDRAPURA - Ternyata ada layanan yang bisa digunakan oleh masyarakat yang tidak puas dengan pelayanan publik. Masyarakat bisa melaporkan setiap keluhan atas kinerja instansi atau lembaga pemerintahan di Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Aplikasi ini sudah berjalan dengan baik di Kabupaten Siak.

"Dari seluruh Kabupaten di Riau ini, Siak terbilang sangat baik dalam penerapan aplikasi LAPOR yang merupakan Inovasi sarana pengaduan masyarakat berbasis teknologi," Kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau, Ahmad Fitri kepada GoRiau.com usai pertemuan dengan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Siak, Rabu (6/11/2019).

Aduan masyarakat yang masuk dalam aplikasi LAPOR ini, kata Ahmad, sangat mudah terpantau. Termasuk tindak lanjutnya dari OPD terkait juga dapat diketahui dari aplikasi tersebut.

"Hebatnya lagi di Siak ini, ada juga aduan publik yang langsung ke pesan WhatsApp Bupati Siak. Ini upaya untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik sekaligus menjadi salah satu media guna meningkatkan kinerja dalam hal pelayanan publik," kata mantan Ketua AJI Riau ini.

Ahmad menjelaskan, aplikasi LAPOR ini dimaksudkan juga untuk menjembatani interaksi antara masyarakat dan pemerintah daerah, sesuai dengan amanat UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, masyarakat mempunyai hak dalam mengawasi pelayanan publik.

"Masyarakat bisa melaporkan di website www.lapor.go.id, aplikasi LAPOR! juga bisa diinstal untuk pengguna Android dan Iphone. Masyarakat juga harus diedukasi dalam menggunakan aplikasi ini," tuturnya lagi.

Aplikasi LAPOR ini adalah produk berbasis teknologi informasi hasil kerjasama antara Kemenpan-RB, Kantor Staf Presiden, Ombudsman RI, dan US-Aid, serta didukung juga oleh Kemendagri.

"Seluruh admin dan pejabat penghubung tetap harus berkomitmen kuat untuk memberikan pelayanan sesuai asas pelayanan publik dan tujuan dibuatnya aplikasi LAPOR ini. Kita berharap Pemkab Siak siapkan tambahan anggaran dan SDM untuk penerapan aplikasi ini," sebutnya. ***