SUKABUMI - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) membangun Soccer Camp pertama di Indonesia yang ditempatkan di wilayah Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Soccer Camo itu dibangun dengan biaya sekitar Rp40 miliar.

"Pembangunan Soccer Camp ini Sukabumi ini menjadi proyek percontohan di Indonesia," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Sukabumi, Sabtu (8/11/2019).

Iwan Bule panggilan akrab Mochamad Iriawan  datang ke Sukabumi bersama jajaran pwngurus PSSI  langsung meninjau langsung lokasi yang akan dibangun Soccer Camp tersebut di Desa Sumersari dan Cicareuh. Adapun luas lahan yang digunakan untuk pembangunan ini sekitar delapan hektar.

Lahan yang digunakan ini pun merupakan hibah dari pemerhati dan pecinta sepakbola Indonesia untuk meningkatkan kualitas para atlet baik tingkat nasional maupun internasional.

Sementara, untuk anggaran pembangunan ini berasal bantuan dari Federation of International Football Association (FIFA) sebesar Rp40 miliar dan target pembangunannya dimulai pada 2020 mendatang.

Tentunya Soccer Camp yang dibangun ini harus berstandar FIFA dan rumput yang digunakan pun khusus. Dengan adanya lapangan sepak bola seperti ini tentunya bisa menambah semangat para atlet sepakbola Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya.

"Di tempat itu kami berencana membangun enam lapangan berstandar FIFA yang bisa digunakan untuk alet junior hingga senior. Dipilihnya Kecamatan Cikidang untuk pembangunan ini selain tempatnya yang tepat juga lahannya merupakan hibah untuk PSSI," tambahnya.

Iwan Bule menargetkan di setiap daerah di Indonesia minimalnya memiliki satu Soccer Camp untuk memacu peningkatan kualitas atlet sepakbola Indonesia agar mampu bersaing dengan negara lainnya tidak hanya di tingkat Asean saja tetapi dunia. ***