HANOI - Presiden Vietnam, Nguyen Xuan Phuc membuka secara resmi SEA Games 2021 Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022) malam. Acara pembukaan dengan permainan cahaya indah tersebut berlangsung cukup meriah.

Upacara pembukaan dimulai pukul 20.00 WIB. Kombinasi aksi kolosal dan teknik visual Augmented Reality serta Extended Reality. Pembukaan SEA Games 2022 terbagi dalam dua tema yakni 'Vietnam Ramah', 'Asia Tenggara yang Kuat', dan 'Asia Tenggara Cemerlang'. Tema "Let's Shine", yang juga menjadi lagu resmi SEA Games 2021 Vietnam, didefinisikan sebagai kekuatan batin dalam persamaan dan perbedaan budaya Asia Tenggara.

Tidak kalah menarik juga ditunjukkan ketika defile para peserta dari masing-masing negara berlangsung. Berawal dari Brunei Darussalam, disusul Kamboja. Sementara Kontingen Indonesia hadir di urutan ketiga dipimpin atlet atletik Emilia Nova menjadi pembawa Merah Putih dan memimpin rombongan beranggotakan 29 orang. Terlihat juga Chef de Mission SEA Games 2021 Ferry Kono mengenakan baju kebudayaan Indonesia berwarna merah.

Dari bangku VIP stadion terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menko PMK Muhadjir Effendy menyambut kontingen Indonesia. Setelah itu menyusul kontingen Filipina, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Tuan rumah Vietnam masuk terakhir.

Prosesi pengibaran bendera SEA Games dan ASEAN berlangsung sebelum pidato pembukaan Chu Ngoc Anh dari Hanoi People Committee serta Menteri Budaya Olahraga dan Turis Nguyen Van Hung. Sementara obor dinyalakan sprinter Vietnam Quach Thi Lan. Upacara pembukaan berakhir dengan hiburan kembang api.

Indonesia sendiri mengirim 499 atlet ke SEA Games 2022 yang ditunda setahun karena pandemi Covid-19. Hingga pembukaan malam ini, Indonesia saat ini masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 3 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyampaikan respect dengan Vietnam karena malam ini mereka bisa menghadirkan opening ceremony dengan full capacity penonton di stadion.

"Untuk kali pertama dalam tiga tahun, kita dapat melihat opening ceremony multievent regional di masa pandemi dengan kapasitas penonton yang memadati stadion," katanya.

"Di samping itu, saya sangat bangga melihat parade defile yang ditampilkan Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam. Mereka tampil percaya diri, sangat gagah dan sangat stylist. Semoga dengan gegap pembukaan yang luar biasa ini, Tim Indonesia dapat meraih prestasi terbaik mereka di SEA Games Vietnam," tambah Okto. ***