PEKANBARU - Personel Polda Riau, Kompol Herfio Zaki SIK, MH menerima penghargaan berupa pin emas dari Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis. Pin emas diberikan kepada anggota Polda Riau karena dianggap sebagai role model personel teladan.

Selain itu, anggota Polda Riau yang mendapat penghargaan pin emas tersebut dinilai sebagai penggerak revolusi mental pada Desember 2019 lalu. Pemberian pin emas merupakan suatu apresiasi atas kinerja yang dilakukan personel kepolisian untuk tetap berkomitmen menjalankan kewajiban sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Kompol Herfio Zaki, SIK, MH yang menjabat sebagai Kasubbag Seleksi Bag Dalpers Biro SDM Polda Riau yang berhasil meraih predikat personel teladan dan berada pada peringkat pertama itu mengungkapkan, rasa syukurnya atas penghargaan berupa pin emas yang diterima tersebut.

"Memang dari Polri sendiri ada program Poldan (Polisi Teladan) di tiap-tiap Polda. Alhamdulillah, Saya menerima penghargaan pin emas dari Kapolri yang dikeluarkan pada masa Jenderal Tito Karnavian sebagai Poldan peringkat pertama di tingkat Polda Riau," ungkap Kompol Zaki seraya mengatakan pin emas diberikan setelah melalui proses seleksi.

Kompol Zaki mengungkapkan, penilaian pemberian pin emas tidak hanya mencakup pada satu bidang tugas saja. Dalam proses seleksi, calon penerima pin Kapolri diminta untuk menjelaskan tugas pokok dan fungsi di masing - masing bidang.

"Kebetulan saya menjabat sebagai Kasubbag Seleksi Bag Dalpers Biro SDM Polda Riau. Jadi, Saya diminta memaparkan tentang job desk saya di Subbag Seleksi SDM," pungkas Kompol Zaki yang telah 2 tahun menjabat sebagai Kasubbag Seleksi Bag Dalpers Biro SDM Polda Riau.

Lebih rinci, Kompol Zaki menerangkan, penerima penghargaan pin emas dipilih berdasarkan paparan pelaksanaan tugas kerja, Dirinya di bidang SDM, yakni dalam hal pelaksanaan seleksi sekolah kepolisian di Polda Riau juga dalam rekrutmen anggota Polri yang selama ini berjalan dengan baik dan dapat menerapkan prinsip Betah (bersih, transparan, akuntabel, dan humanis).

Disamping memaparkan tentang job desk, dikatakan Kompol Zaki, Dirinya juga menjelaskan hal-hal berupa inovasi yang dilakukan sesuai bidang sehingga tugas dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

"Pada saat itu, Saya menjelaskan inovasi-inovasi yang saya terapkan selama 2 tahun menjabat. Dalam proses seleksi dan rekrutmen, Saya menciptakan inovasi dalam pelaksanaan tugas, sehinggga seleksi dan rekrutmen berjalan dengan clear and clean," tutur pria yang besar di Kabupaten Indragiri Hilir itu.

Penghargaan berupa pin emas diberikan sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1764/IX/2019. Seperti yang tertera dalam keputusan kapolri tersebut, pin emas itu diberikan atas prestasi yang telah diukir Kompol Herfio Zaki, SIK., MH yang saat ini masih menjabat sebagai Kasubbag Seleksi Bag Dalpers Biro SDM Polda Riau.

Kompol Zaki juga mengungkapkan terima kasihnya kepada keluarga dan jajaran Polda Riau atas dukungan yang telah diberikan sehingga Dirinya dapat meraih prestasi pin emas dari Kapolri. ***