KEPRI - Bambang H, Informan Ahli tingkat nasional dalam survei indeks kemerdekaan pers, merekomendasi agar provinsi yang menduduki peringkat satu kemerdekaan pers diberikan penghargaan langsung oleh Presiden dan selanjutnya diberikan anggaran insentif untuk terus memajukan kemerdekaan pers di daerah tersebut.

"Saya bisa bantu agar peringkat satu provinsi yang disurvei indeks kemerdekaan pers dapat penghargaan dari Bapak Presiden," ujar Bambang dalam lansiran antaranews.com, Sabtu (12/6/2021).

Adapun provinsi peraih peringkat indeks kemerdekaan pers 2021 adalah Kepulauan Riau atau biasa disebut Kepri.

Tak disebut apa saja parameter yang digunakan, tapi survei yang digelar Dewan Pers bekerjasama dengan Sucofindo itu telah selesai dilakukan di 34 provinsi yang ada, menurut penuturan Ketua Tim Survei Indeks Kemerdekaan Pers tahun 2021, Emilia Bassar.

Terkait capaian Provinsi Kepri ini, informan ahli dari Provinsi Kepri, Iskandar Zulkarnaen mengatakan, "Prestasi ini adalah buah dari kerja keras semua stakeholder yang ada di Kepri, yang telah menjadi informan ahli baik itu dari unsur perusahaan pers, organisasi wartawan, akademisi, masyarakat, lembaga negara dan pemerintah daerah di Provinsi Kepri,".***