JAKARTA, GORIAU.COM - Pemerintah mengimbau kepada masyarakat yang ingin ikut tes CPNS tahun ini agar tidak percaya dengan oknum penjual soal ataupun yang berjanji meluluskan dengan meminta imbalan.

Oknum tersebut hanya memanfaatkan momentum tes CPNS untuk meraup untung dan menipu. Alasannya, pemerintah memastikan soal tes CPNS tidak akan bocor.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi adanya pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi ini. Caranya, pemerintah mempunyai bank soal sebanyak 20.000 jenis paket soal yang akan diberikan secara acak. Soal tersebut terdiri dari soal LJK maupun tes komputerisasi.

''Kita itu akan random peserta ujian dari 20.000 bank soal yang kita punya. Jadi jangan percaya ada yang berani urus ataupun memberikan soal,'' kata Azwar ketika ditemui di Kemenkeu, Jakarta, Selasa (27/8).

Dia menegaskan, soal yang sangat banyak itu dikunci rapat oleh lembaga terkait yang diyakini tidak akan membocorkan. Namun demikian, Azwar mempersilakan calon peserta tes CPNS untuk belajar dari soal-soal yang lama ataupun soal dari kampus. Tapi soal untuk tes CPNS dijamin tidak akan bocor dari berbagai jenis.

''Jangan percaya ada yang menjual soal, soal itu dikunci juga,'' katanya.

Untuk pelaksanaan tes CPNS, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan beberapa kampus, kepolisian ataupun LSM.

''Pengawasan dari daerah masing masing-masing. Polisi berpakaian preman. Konsorsium LSM. Pokoknya Jangan percaya ada yang berani urus. Jangan dipercaya itu,'' tutupnya.***