PEKANBARU – Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sudah digelar kembali selama dua kali di hari Minggu, di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Namun, kegiatan itu belum seperti CFD yang sebelumnya menyediakan lapak bagi pedagang kecil menjajakan berbagai kuliner dan produk UMKM.

Menanggapi hal ini, Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pedagang memang belum diizinkan karena masih ada pandemi Covid-19. Meski kasus Covid-19 landai, namun Pekanbaru juga masih menerapkan PPKM Level 1.

"Kita memang belum mulai (mengijinkan pedagang, red), karena masih melihat perkembangan PPKM. Karena saat inikan sebenarnya kita masih suasana Covid-19, walaupun sudah landai," ujarnya, Jumat (24/6/2022).

Namun demikian, ia menjelaskan bahwa Panitia CFD sudah melakukan rapat bersama, yakni antara OPD seperti Dinas Perdagangan, Satpol PP, PUPR, Perkim, DLHK dan sebagainya. Namun hasil rapat tersebut belum dipastikan.

"Kita sudah rapatkan kemarin, panitia CFD. Tetapi belum tahu hasilnya, kemungkinan minggu ini, kita melihat kesiapan kita dulu," pungkasnya. ***