SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Siak mencatat empat Partai Politik (Parpol) belum menyerahkan hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap penggunaan anggaran dana bantuan Parpol tahun 2012.

"Ada empat Parpol yang belum menyerahkan hasil audit LPj anggaran tahun 2012," ujar Kepala Kesbangpolinmas Siak, Yurnalis kepada GoRiau.com, Kamis (20/3/2014) di Kantor Bupati Siak.

Adapun keempat Parpol yang dimaksud Yurnalis yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dan Partai Buruh. "Keempat Parpol tersebut tidak mengambil anggaran tahun 2013," jelas Yurnalis.

Namun, tiga dari empat Parpol yang disebutkan Yurnalis hanya satu Parpol yang lolos verifikasi dan mengikuti Pemilu tahun 2014. Parpol tersebut yakni PDI Perjuangan.

Walaupun lolos, PDI Perjuangan tetap tidak bisa mengambil dana bantuan dari Pemkab Siak anggaran tahun 2014, sebelum menyelesaikan LPj tahun 2012. "Kalau mau ambil, harus selesaikan dulu LPj tahun 2012 itu," tegas Yurnalis.

"Tidak ada sanksi, cuma dana bantuan selanjutnya tidak bisa kami cairkan. Sebab, LPj yang sudah diaudit BPKP menjadi salah satu syarat untuk mengambilnyan" tutup Yurnalis.(san)