NEW DELHI - Seorang pasien terinfeksi virus corona meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit (RS) di Rajasthan, India, karena ventilator yang membantunya bernafas tidak lagi berfungsi.

Ventilator tersebut mati karena berfungsi karena colokan untuk memfungsikannya dicabut keluarga sang pasien untuk menghidupkan AC (pendingin ruangan).

Dikutip dari detikcom yang melansir Indianexpress, peristiwa ini terjadi pada 15 Juni di Maharao Bhim Singh (MBS) Hospital di Kota, Rajasthan. Pria tersebut tengah menjalani perawatan di ruang isolasi dan ditunggui oleh keluarganya.

Karena ruang isolasi terasa panas, keluarga pasien membeli alat pendingin ruangan. Diyakini, mereka melepas colokan ventilator untuk menyalakan alat tersebut karena tidak menemukan colokan lain yang bisa digunakan.

Setelah colokannya dilepas, ventilator masih berfungsi hingga satu setengah jam kemudian. Namun ketika baterainya mulai habis, alat ini kolaps dan pasien tidak terselamatkan.

Dewan pengawas rumah sakit, Naveen Saxena, mengatakan akan menyelidiki insiden ini dan melaporkannya. Sanksi akan diberikan bagi pihak yang bertanggung jawab atas insiden tersebut. ***