JAKARTA - Eks Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar, secara resmi menyatakan bergabung di Partai Perindo. Mendekati Pemilu 2024, ia meyakini para pemuda Indonesia harus optimistis dan berani mengambil keputusan untuk masuk dan berkiprah dalam perpolitikan Indonesia.

Kehadiran Michael Victor Sianipar dianggap bisa membawa angin segar dan berkah buat Partai Perindo. Hal itu diungkapkan Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago, Rabu (25/1/2023). "Saya pikir tentu membawa angin segar bagi Partai Perindo," ujarnya.

Semakin banyak calon yang berkualitas, maka menurut Pangi, akan semakin bagus untuk partai, sebab pemilih Indonesia masih cenderung memilih nama kandidat ketimbang partai. "Makin banyaknya caleg partai lain migrasi ke Perindo, berarti ada harapan di Perindo, karena setiap politisi pasti ingin ada harapan dan kepastian," tukasnya.

Paling tidak kata Pangi, Micheil Sianipar bisa berhasil memperoleh kursi seperti PSI pemilu 2019. "Artinya ada kemungkinan kursi PSI bisa migrasi ke Perindo, dan ada kemungkinan perolehan suara perindo nanti bakal signifikan," tandasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Pengamat politik Ujang Komarudin menilai akan membawa dampak positif bagi perolehan suara Perindo di Pemilu 2024. Dia melihat rekam jejak Michel yang berprestasi di PSI bisa jadi akan semakin mengkilap jika berada di Perindo. "Saya melihat ketika Michael Sianipar bergabung ke Perindo, dia akan berjuang mati-matian untuk memberikan kursi yang banyak bagi Perindo," ungkap Ujang saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, PSI DKI dibawah kepemimpinan Michael berhasil memperoleh 8 kursi DPRD. Jumlah itu diluar dugaan mengingat PSI merupakan partai baru yang muncul saat itu.

Ujang memenuturkan Michael bukan politisi muda yang bisa dianggap sebelah mata. Sebab, dia berkata Michael mampu membesarkan PSI DKI dalam waktu singkat. Terkait hal itu, Ujang pun menyarankan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo memberi dukungan penuh kepada Michael agar bisa menjalankan segala strateginya.

Sementara itu, Pengamat politik Jerry Massie juga menilai kehadiran Michael akan menambah kekuatan Perindo khususnya di DKI Jakarta. Sebab, dia menyebut Michael ini punya basis massa di DKI. "Ini keuntungan buat Perindo. Bisa saja suara PSI di Jakarta ambruk dan posisinya di gantikan Perindo," ujar Jery.

"Saya kira Michael bisa saja maju sebagai caleg di Jakarta dia bakal lolos dan duduk di DPRD lantaran dia sudah punya pemilih tetap," tambahnya.

Michael yang sebelumnya adalah Ketua DPW PSI di provinsi Jakarta memutuskan berlabuh di partai besutan Hary Tanoesoedibjo karena meyakini partai Perindo memberikan ruang yang luas untuk politisi muda seperti dirinya.

Di Perindo, Michael mendapat amanah menjadi Ketua DPP Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital. Di Perindo, Michael juga ditugaskan untuk menjaring politisi-politisi muda membawa isu-isu yang relevan bagi generasi muda di perpolitikan Indonesia.***