PEKANBARU – Seorang pelajar nyaris menjadi korban kebengisan begal yang bermodus minta tolong diantarkan pulang kerumah. Beruntung, rencana pelaku berinisial Y (24) dapat digagalkan, saat peristiwa itu terjadi pada Selasa (24/1/2023) kemarin.

Kapolsek Siak Hulu, AKP Zainal Arifin mengatakan, pelaku begal ini sudah ditangkap. Pelaku diamankan setelah gagal melaksanakan aksinya dan mendapatkan perlawanan dari korbannya.

"Saat ini pelaku Y sudah diamankan. Pelaku Ini melakukan pencurian dengan kekerasan lalu diamankan oleh masyarakat," ujarnya, Rabu (25/1/2023).

Ia menjelaskan, kronologis bermula saat korban yang merupakan pelajar sedang berkendara menuju rumah kemarin. Sekitar pukul 16.00 WIB, korban bertemu dengan pelaku di Jalan Kartama, dan meminta menumpang dan diantar pulang.

"Saat melewati Jalan Kartama Simpang Pahlawan Kerja, tiba-tiba pelaku menghentikan kendaraan korban. Kemudian pelaku meminta agar korban mengantarkan pelaku ke rumahnya," jelasnya.

Korban pun bersedia membantu, dan membawa pelaku. Saat sampai di Jalan Ketapang, pelaku meminta korban yang duduk dibelakang dan pelaku yang mengendarai sepeda motornya.

"Sesampainya di Gerbang Perum Pandau Permai, pelaku menghentikan sepeda motor dan meminta korban untuk turun sambil mengancam korban akan membunuhnya," jelasnya.

Namun, korban tidak mau turun dan melakukan perlawanan dengan mencekik leher pelaku. Sehingga keduanya terjatuh dan menjadi perhatian warga sekitar.

"Saat menuju Perum Pandau Jaya melewati Kantor Desa Pandau Jaya, korban melakukan perlawanan dan berteriak minta tolong. Keduanya kemudian jatuh dan segera didatangi warga yang langsung mengamankan keduanya," jelasnya.

"Warga langsung menyerahkan kepada Polsek Siak Hulu. Pelaku disangkakan Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara," pungkasnya. ***