SELATPANJANG - Mushalla Al-Barokah Kantor Bupati Kepulauan Meranti akan naik status menjadi masjid, dan jika tidak ada aral melintang Jumat besok (26/3/2022) akan digelar shalat Jumat perdana. Demikian hasil pertemuan terkait peningkatan status Mushalla Al-Barokah yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, bertempat di Mushalla Al-Barokah, Selasa (23/3/2021) siang.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, Kepala Kantor Kemenag Meranti, H Agustiar, Plt Kabag Kesra Meranti, Alfian, Ketua MUI Meranti, H Mustafa, ustadz H Jasmail dan jajaran pejabat serta ASN dilingkungan Pemkab Meranti.

Seperti dijelaskan pengurus Masjid Al-Barokah, Alfian yang juga menjabat sebagai Plt Kabag Kesra Kepulauan Meranti, kenaikan status Mushalla Al-Barokah menjadi masjid ini atas petunjuk dari Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH, yang kemudian dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan pihak Kemenag Meranti dan MUI. 

Dari hasil koordinasi dengan kedua institusi itu untuk peningkatan status masjid khususnya yang berada di komplek perkantoran Pemda tidak memerlukan proses administrasi yang panjang, cukup membuat berita acara yang dihadiri dan disetujui oleh Kemenag dan MUI, dan yang tak kalah penting jumlah jamaah masjid minimal berjumlah 1 imam dan 40 makmum sesuai dengan yang di isyaratkan oleh Imam Syafi'i, kemudian adzan harus selalu dikumandangkan sebagai tanda masuk waktu sholat 5 waktu.

Untuk syarat tersebut dikatakan Sekdakab Meranti, Dr H Kamsol MM, dengan jumlah jamaah Mushola Al-Barokah saat ini sudah lebih dari cukup, karena jumlah ASN muslim dilingkungan Sekretariat Kantor Bupati Meranti yang rutin menjalankan shalat 5 waktu berjumlah ratusan.

Menyikapi peningkatan status Mushala Al-Barokah menjadi masjid tersebut, Wakil Bupati H Asmar sangat menyambut baik, hal itu sesuai dengan petunjuk Bupati Meranti H Muhammad Adil yang menginginkan Mushola Al-Barokah berubah status menjadi Masjid agar dapat menggelar shalat Jumat.

Untuk itu dengan peningkatan status Mushola Al-Barokah menjadi masjid tersebut, Wabup H Asmar mengajak kepada ASN dan masyarakat sekitar dapat bersama-sama memakmurkan masjid dengan turut serta menjalankan sholat 5 waktu secara berjamaah. 

Kedepan di Masjid Al-Barokah ini seperti disampaikan Sekda Kamsol, Pemkab Meranti akan mengadakan kegiatan rutin dalam upaya meningkatkan ukwah islamiah sesama ASN dan masyarakat sekitar.

"Dengan begitu terlihat kekompakan antara pimpinan dengan pegawai dan masyarakat sekitar," pungkasnya.***