BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Marching Band milik Yayasan Pondok Pesantren Almadjidiyah tampil memukau pada pembukaan MTQ XII Rokan Hilir yang berlangsung Kamis (21/5/2015) malam sekitar pukul 22.30 Wib. Membawakan lima lagu, marching band pimpinan H Bachid Madjid ini mendapat aplus dari penonton.

Pada atraksi selama 11 menit 30 detik, marching band yang beranggotakan gabungan santri 47 personil itu, melakukan display dengan variasi tarian melayu dan variasi kotak segitiga. Mereka dipimpin oleh dua orang mayoret (field commander ), yakni Okky Agustina dan Dilla.

Dalam atraksi kali ini, mereka membawakan 5 lagu andalan diantaranya Abatasa, Akhirnya, Tanjung Katung Medley, Ayam Putih Pungguk dan Kota Santri. Marching Band yang dibentuk tahun 1994 ini, membawakan peralatan musik yang terdiri dari horn line, Percussion line, Dita Pati, colour guard dan pit concert.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/21052015/2jpg-2234.jpgMenghadapi pelaksanaan MTQ XII, personil marching band Yayasan Pondok Pesantren Al Madjidiyah hanya butuh latihan selama sebulan. Namun demikian, mereka juga melakukan latihan secara intensif yang dipandu oleh pelatih M.Reza, Irwansyah dan Pradifa Setiawan yang berasal dari Medan.

Ketika memainkan arransemen lagu Abatasa yang didendangkan oleh Grup Band Wali, mereka terlihat sangat kompak. Apalagi lagu kedua Ayam Putih Pungguk, pemainnya sangat dinamis dan cendrung sangat agresif. Para tamu yang menikmati lagu pembuka terlihat sangat antusias dan bunyi tepuk tangan pun bergemuruh.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/21052015/3jpg-2233.jpgKeraguan bahwa santri tidak bisa memainkan alat musik pun menjadi pupus. Tampaknya mereka sangat familiar dengan alat musik yang mereka mainkan. Tak heran, segudang prestasi sudah mereka raih seperti Juara umum Tropy Bupati Rokan Hilir dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI, Juara III pada acara Rondang Bittang di Rantau Parapat, Juara III acara di Raudatul Jannah SUMBAGUT di Medan dan Juara II pada festival Raja Majestik Marching di Medan.

Marching Band yayasan Ponpes Al Madjidiyah dalam setiap penampilannya memang mengundang decak kagum para penonton. Dahulu, gaya mereka dalam memainkan alat musik mirip Cavelery ( TNI ). Tapi pada tahun 2005, berubah menjadi marching Band. Dibawah penanggung Jawab Muhammad Hendra GUnawan dan Endriza Zuhri, kini Marching Band Ponpes Al Madjidiyah termasuk dalam Marching Band Divisi Utama. (amr)