PEKANBARU, GORIAU.COM - Kompleks perkantoran Pemerintahan (Pemko) Kota Pekanbaru yang dibangun di daerah Tenayan Raya, ditargetkan selesai pada akhir Tahun 2016. Hingga saat ini proses pengerjaannya masih terus berjalan.

Demikian dikatakan Kabid Pengembangan Pemukiman dan Prasarana Wilayah Bappeda Kota Pekanbaru, Ernes S Umar, Kamis (21/5/2015). "Kompleks perkantoran Pemko Pekanbaru akan selesai pada akhir 2016 bersamaan akhir masa jabatan Walikota Firdaus MT. Perkantoran yang dibangun di atas lahan seluas 300 hektare tersebut, dibangun untuk pengembangan kantor. Karena kantor walikota yang ada sekarang sudah tidak memadai lagi. Lapangan yang ada juga tidak mampu menampung seluruh komponen saat upacara lengkap," kata Ernes.

Dijelaskannya, proyek yang masuk dalam proyek multiyears tersebut sudah dimulai pada akhir Tahun 2014. Saat ini baru 112 hektare lahan yang sudah dibebaskan dari total 300 hektare yang direncanakan. Sisa lahan sedang dalam pengurusan pelepasan. Dan di atas lahan itu, selain dibangun kantor walikota, 5 kantor dinas, juga akan dibangun jalan outer ring road yang menghubungkan Pekanbaru, Pelalawan, Kampar dan Siak.

"Dengan demikian, proyek ini tidak saja melakukan pengembangan kantor pemerintahan Kota Pekanbaru, tetapi juga pengembangan wilayah Kota Pekanbaru," jelas Ernes.

Untuk dinas-dinas yang memberikan pelayanan publik, lanjutnya, masih akan tetap berada di pusat kota Pekanbaru. "Karena itu, tidak perlu ada izin pemindahan kantor dari Kementerian Dalam Negeri," tutup mantan Kabid di Bina Marga ini. (wdu)