PEKANBARU - Mendukung penanganan kejahatan lingkungan di wilayah Riau, Markas Besar (Mabes) Polri, mengerahkan bantuan helikopter ke Polda Riau untuk membantu memantau aktifitas illegal logging dari udara.

Helikopter bantuan tersebut sudah tiba di Pekanbaru sejak hari Kamis (18/11/2021). Dimana bantuan helikopter itu bertujuan untuk memperkuat patroli udara khususnya terkait ilegal logging yang masiv terjadi di beberapa wilayah Provinsi Riau.

"Dengan kedatangan helikopter dari Baharkam Mabes Polri yang sudah hadir di Riau saat ini, akan sangat membantu untuk kita bisa memantau dari udara akfitifas ilegal logging yang masih terjadi di wilayah Riau," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Jumat (19/11/2021).

Agung meyakini, helikopter tersebut akan dioperasikan mulai hari ini. Kemudian apa hasil pemantauan dari udara tersebut akan diinformasikan ke satgas darat untuk dilakukan tindakan kepolisian.

"Kita bekerjasama dengan BBKSDA Riau dan Dinas Kehutanan untuk melakukan langkah-langkah konkrit terkait penataan lagi lahan hutan yang sudah dirambah oleh para pelaku," lanjutnya.

Polda Riau akan menuntaskan operasi illegal logging ini dan mengucapkan terimakasihnya kepada Mabes Polri atas bantuan helikopter yang diberikan, hal tersebut sangat membantu.

"Tentu harapan saya, operasi ini menjadi pembelajaran bagi kita semuanya. Ada hutan yang harus kita lindungi, karena wilayah hutan ini ada yang dialih fungsikan untuk lahan produksi dan itu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat," tutupnya. ***