SIAK - Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan meminta masyarakat tidak lengah dan abai terhadap protokol kesehatan (prokes) meski status kasus Covid-19 di Siak, Riau menurun.

Adapun prokes yang dimaksud yaitu menerapkan 4M, meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

"Jangan sampai penurunan kepatuhan terhadap prokes ini akan menjadi celah munculnya gelombang baru dan masuknya varian baru," imbuh Indra Gunawan.

Politisi dari partai berlambang pohon beringin ini juga menyebutkan masyarakat Siak perlu menyadari bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Tak hanya itu, masyarakat juga harus belajar banyak dari pengalaman negara lain, terutama yang telah mengalami gelombang ketiga bahkan keempat.

Menurut Indra, lonjakan kasus Covid-19 di beberapa negara tersebut terjadi akibat pelonggaran pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat serta prokes.

Pelonggaran aktivitas hingga prokes itu juga sudah mulai terlihat saat ini. Hal ini dibuktikan perubahan perilaku masyarakat kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.

"Persentase tingkat kepatuhan memakai masker sepertinya sudah mulai berkurang. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan," ujar Indra.

Indra juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Siak dan Unsur Forkompinda yang telah melakukan penanganan cepat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak hingga angka terkonfirmasi positif menurun drastis.

"Kami kembali mengingatkan masyarakat agar tidak terlena dengan wabah yang tidak nampak ini. Dan kita menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi prokes," pungkasnya. (Iwa)