JAKARTA - Anggota Fraksi PDIP (Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan), Charles Honoris meminta pemerintahan Joko Widodo untuk mengantisipasi dengan baik potensi lonjakan kasus Covid-19. Hal ini, menyusul masih adanya animo masyarakat untuk melakukan mudik Idul Fitri 1442 H/Lebaran Idul Fitri 2021 M.

Berangkat dari peristiwa melonjaknya kasus Covid-19 di India pasca Festival Kumbh Mela (sebuah momen keagamaan di sana), klaster Covid-19 jelang-pasca Hari Raya Idul Fitri juga harus diantisipasi.

Belum lagi, menurut Charles, masyarakat juga terpantau mulai kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Peristiwa membludaknya pengunjung Pasar Tanah Abang beberapa hari lalu menjadi potret nyata. Padahal, protokol kesehatan seperti menggunakan masker lebih efektif ketimbang vaksin untuk saat ini, berdasarkan pernyataan epidemiolog.

"Pemerintah harus dari sekarang menyiapkan skenario terburuk apabila lonjakan kasus terjadi. Dan kalau saya boleh jujur, dari hasil diskusi saya dengan beberapa epidemiolog, kurva peningkatan kasus pasti akan terjadi, tinggal seberapa tinggi peningkatan itu akan terjadi, ya ini bergantung pada kita semua," kata Charles di Senayan, Jakarta, Selasa (4/5/2021).***