DURI - Di tengah kondisi dunia yang tidak mudah saat ini yaitu penyebaran wabah virus Corona (COVID-19), Komunitas Peduli Cendana Duri 2004 (KPCD 04) hadir di tengah masyarakat untuk saling mendukung dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran COVID-19.

Dukungan kali ini diimplementasikan melalui penyaluran donasi bantuan berupa alat pelindung diri (APD) untuk melindungi para petugas medis sebagai garda terdepan yang telah ikhlas meninggalkan keluarga, mempertaruhkan nyawa demi memperjuangkan kehidupan para pasien positif COVID-19.   

Penyerahan donasi ini dilakukan Koordinator Regional Duri-Pekanbaru KPCD 04 Ivan Adiyasa dan Ghana Pratama kepada Manager Pelayanan RS Permata Hati Duri dr Rahmatul Khairiyah, Menager On Duty Desvarina dan IPCN Idra Saputra, Rabu (29/4/2020).

KPCD konsisten mendukung pemerintah dalam menanggulangi bersama bencana pandemi ini yakni dengan berempati kepada para korban dan petugas medis yang saat ini tengah berjuang melawan pandemi COVID-19.

"Oleh sebab itu, di tengah keterbatasan ketersediaan peralatan medis di pasar saat ini, kami memutuskan turut mendukung ketersediaan peralatan medis yang dibutuhkan tenaga kesehatan yang saat ini sedang berjuang keras sebagai garda terdepan dalam memerangi pendemi virus Covid-19 ini," ujar Ivan.

Adapun APD yang diserahkan berupa hazmat 80 PC, masker N95 100 PC (10 box), masker medis 3 ply (biasa) 150 PC (3 box), masker medis 3 ply (hijab) 200 PC (4 box), hand sanitizer 50 liter (10 jerigen) dan 100 botol (1 box) hand sanitizer.

Dijelaskan Ivan, KPCD merupakan wadah sosial yang dibentuk para alumni Cendana Duri angkatan 2004. "Salah satu bentuk gerakannya adalah mengumpulkan dana sosial yang dikumpul setiap bulan dari teman-teman alumni 2004 dimana pun berada bahkan yang berdomisili di luar negeri pun ikut andil. Urunan ini sifatnya tidak mengikat baik jumlah maupun waktu. Dana ini biasa kita pakai untuk membantu teman-teman maupun keluarganya yang tertimpa musibah, misal sakit, meninggal dunia dan lainnya. Bahkan kita juga ada ikut dalam donasi untuk guru dan keluarganya yang tertimpa musibah. Namun karna kita dinamis, kita juga ikut serta dalam berbagai kegiatan sosial yang sifatnya umum, salah satunya penggalangan dana untuk membantu tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 ini," sebut Ivan panjang lebar.

Sementara itu, pihak RS Permata Hati Duri sangat berterima kasih sekali kepada KPCD 04 yang telah memberikan bantuan berupa APD (hazmat, masker N95 dan bedah) serta Hand Sanitizer.

"Dengan adanya donasi ini sangat membantu kami tenaga kesehatan khususnya RS Permata Hati Duri untuk memberikan pelayanan dalam kondisi wabah COVID-19. Dan kami mendoakan KPCD selalu sukses dan berjaya untuk kedepannya," ujar IPCN RS Permata Hati Duri Idra Saputra. ***