PEKANBARU, GORIAU.COM - Ternyata pelayanan di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru sangat sulit. Bahkan ada warga yang setahun lebih mengurus sertifikat tapi tak juga selesai.


Hal ini terungkap saat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengunjungi BPN Pekanbaru, Selasa, (17/3/2015).

Saat itu, setibanya di kantor BPN, Yuddy langsung berdialog dengan warga masyarakat yang tengah mengantri. "Ada keluhan tidak untuk pelayanan di sini?" sergah Menteri.

"Ada pak. Saya sudah mengantri tiga jam untuk mengurus sertifikat, dan sudah tiga kali datang ke sini tetapi belum selesai," kata Simake, warga kota Pekanbaru.

Sementara Hendri, salah satu pendaftar yang ingin membuat sertifikat tanah mengaku sudah mengurus pembuatan sertifikat selama satu tahun. "Mengurus  sertifikat  hampir  satu tahun dari SKGR untuk menjadi sertifikat. Saya selalu datang seminggu sekali untuk mengecek statusnya," kata Hendri.

Mendengar keluhan masyarakat, Yuddy meminta agar Kepala Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru Umar Fathoni segera meresponnya. Menurutnya, pelayanan harus jelas, apa syaratnya, kapan selesainya, dan kalau harus bayar berapa biayanya. ''Masyarakat membutuhkan hal itu. Kalau masih ada yang mau mengadu, silahkan disampaikan ke Pak Umar, atau nomor yang bisa dihubungi,'' kata Yuddy menambahkan. (rls)