TELUKKUANTAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau bangun gedung pusat layanan haji dan umrah (PLHU) dengan anggaran sebesar Rp2,3 miliar. Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby didaulat melakukan peletakan batu pertama, Kamis (2/6/2022) siang.

Dana pembangunan gedung ini bersumber dari dana Kemenag RI. Menurut Jisman, Kepala Kemenag Kuansing, dibangunnya gedung PLHU tak terlepas dari sinergitas yang terbangun antara Kemenag dan Pemkab Kuasing.

"Pemkab Kuansing hibahkan tanah ke Kemenag dan Kemenag membangun gedung untuk memaksimalkan pelayanan ke masyarakat Kuansing," ujar Jisman.

Senada dengan itu, Mahyudin, Kepala Kemenag Riau, menyatakan Kuansing kabupaten kedua di Riau yang mendapat bangunan gedung PLHU dari Kemenag RI.

"Ini berkat hibah tanah dari Pemda Kuansing, sehingga Kemenag RI mengakomodir dana sebesar Rp2,3 miliar", ujar Mahyudin yang hadir menyaksikan peletakan batu pertama. Menurutnya, salah satu syarat untuk mendapatkan pembangunan, tanah harus sudah milik Kemenag.

Sementara itu, Suhardiman Amby mengaku bangga dengan dimulainya pembangunan gedung PLHU di Kuansing. Dengan dibangunny PLHU, menjadi bukti bahwa tanah yang dihibahkan Pemkab Kuansing seluas satu hektare tidak sia-sia.

"Pemkab Kuansing berkomitmen untuk memberikan dukungan ke Kemenag, sehingga program-program keagamaan semakin maju. Sinergitas ini sangat penting, apalagi Kuansing punya visi 'Bermarwah'," ujar Suhardiman.***