PASIRPENGARAIAN – Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Eko Wimpyanto menegaskan, akan menindak oknum provost yang terekam kamera membanting buruh saat konflik di PT KSM Desa Teluk Aur, Kecamatan Rambah Samo, Rohul, Riau.

AKBP Wimpyanto mengatakan, oknum provost polisi itu berinisial AS berpangkat brigadir. Wimpy memastikan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap personil apabila terbukti melakukan pelanggaran-pelanggaran.

“ Memang kita akui, ada beberapa perlakuan yang tidak tepat. Kami mohon maaf apabila prosesi penegakan hukum kami lakukan kurang tepat. Kami akan mintai keterangan kepada personel kita terkait kejadian itu, Pada prinsipnya kita akan melakukan tindakan tegas kepada personel kita,” kata Wimpy, Kamis (2/6/2022).

Wimpy menyampaikan, terkait konflik PUK FSPPP-KSPSI Desa Teluk Aur di Gerbang PKS PT KSM, Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Senin 30 Mei 2022. Pihaknya sudah berkali-kali melakukan upaya mediasi secara persuasif. Namun tidak menemukan titik terang.

“Berkali sudah kita lakukan upaya mediasi dengan konsep persuasif. Bahkan kita sempat Tujuh kali  melakukan upaya mediasi. Akar masalahnya, ketika  Pekerja Bongkar Muat  di Pabrik  Minyak Kelapa Sawit KSM posisinya adalah mempekerjakan SPTI," ungkapnya.

Setelah berbagai cara dilakukan, tidak ada penyelesaian. Akhirnya Polres Rohul menganjurkan masalah sengketa pekerjaan yang ada di PT KSM agar bisa diselesaikan di jalur Pengadilan. ***