SELATPANJANG - Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti dengan peralatan lengkap standby 24 jam. Terlebih dalam keadaan musim panas yang rentan terjadinya kebakaran.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal SE MH mengatakan setiap hari ada 9 anggota BPBD yang piket, dan siap memberikan pelayanan 24 jam kepada masyarakat. Untuk itu, guna memastikan bahwa anggotanya tidak kabur saat piket, Selasa (14/6/2016) dinihari M Edy Afrizal menggelar sidak. "Alhamdulillah mereka standby," ujar Edy Selasa.

Sementara itu, ketika ditanya kemanakah masyarakat harus membuat pengaduan andai terjadi kebakaran terlebih kejadiannya pada malam hari, kata Edy pula, BPBD mempunyai kontak center yaitu di (0763) 33113, dan frekuensi radio di 14500.

Lalu, disinggung masalah Karlahut, laki-laki yang akrab dipanggil Panglime Edy itu mengaku pada Selasa pagi tidak ada titik api yang terpantau. Meski demikian, Edy mengaku waktu yang tersedia itu tidak mereka gunakan untuk beristrahat. Melainkan terus melakukan sosialisasi ke tiap-tiap desa.

"Kalau tak ada pemadaman, waktunya kita gunakan untuk sosialisasi. Kita sifatnya pendekatan secara persuasif, ada 4 atau 5 orang kita sampaikan terus. Karena kalau harus menunggu berkumpul ramai, agak sedikit sulit," kata Edy pula.

Ia juga mengimbau untuk masyarakat Kepulauan Meranti agar senantiasa menjaga daerah jangan sampai adanya aktivitas warga yang bisa menyebabkan karlahut. "Bersama kita menjaga, sebab banyak dampak negatifnya dari Karlahut ini," katanya lagi. (***/zal)