PEKANBARU - Dari 548 kepala daerah se Indonesia, Gubernur Riau, Syamsuar termasuk dari 20 orang kepala daerah yang terpilih mengikuti Rising Fellowship Programme (RFP) di Singapura. Delapan diantaranya adalah gubernur dan juga para walikota.

Program pendidikan kepemimpinan ini merupakan gagasan Presiden RI Joko Widodo untuk menambah wawasan kepala daerah dalam mewujudkan Indonesia maju. Dimana, seluruh biaya ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara.

"Alhamdulillah selama mengikuti program Rising Fellowship Programme (RFP) bagi kepala daerah, sebagai hasil kerjasama Civil Service College (CSC) Singapura dengan LAN RI, memberi saya banyak pengalaman dan inspirasi untuk Provinsi Riau," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (21/11/2019).

Selama kegiatan, cerita Syamsuar, ia diajak berdiskusi dan belajar tentang banyak hal. Diantaranya mengenai inovasi, kreativitas dan Revolusi Industri 4.0. Serta meninjau Politeknik Republik yang memamerkan kerja mekanik (robot).

"Saya juga mempelajari bagaimana promosi dan strategi pariwisata Singapura. Bagaimana negara ini membangun destinasi pariwisata dengan cara tidak hanya mengharapkan pemerintah, namun melalui pihak swasta," ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga berkesempatan bertemu Menlu Singapura dan Dubes Indonesia. Banyak narasumber lintas negara yang memberi materi, termasuk Kepala BKPM Singapura dan berbagai pejabat Kementerian Singapura. Selain itu, hadir Menteri Bappenas dan CEO Temasek Foundation. Dimana penutupan hari ini oleh Wakil PM Singapura.

"Pariwisata kapal pesiar juga bertambah di Singapura, seiring dengan tersedianya pelabuhan di Belitung. Untuk Sumatera, sekarang ini mereka (Singapura, red) merencanakan keliling mulai dari Aceh sampai Jawa. Saya telah menawarkan mereka bisa singgah di Pelabuhan Dumai dan Pulau Rupat. Melihat keindahan Bumi Lancang Kuning," jelasnya.

Ia berharap, nantinya berbagai ilmu dan pengalaman dari kegiatan ini, bisa memberi manfaat lanjutan untuk membawa Riau lebih baik. "InsyaAllah. Amin," harap Syamsuar. ***