PANGKALAN KERINCI -Gajah liar masuk di sekitar Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau. Tim diterjunkan ke lokasi untuk melakukan upaya penggiringan.

"Pagi ini diturunkan tim dari BBKSDA Riau, Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) dan juga YTNTN, untuk melakukan langkah-langkah tindak lanjut sekaligus sosialisasi ke Desa Tanjung Beringin," kata Kepala BKSDA Riau, Suharyono kepada GoRiau.com, Rabu (31/3/2021).

Diterangkannya, tim diturunkan sebagai tindak lanjut adanya informasi dari Camat Pangkalan Kuras pada Selasa (30/3/2021) sekitar pukul 17.50 Wib.

"Ada laporan warga Desa Tanjung Beringin tentang gajah liar berada di sekitar desa," ungkapnya.

Upaya yang dilakukan BBKSDA Riau, lanjut Haryono, langsung berkoordinasi degan pihak terkait di lapangan (Kades dan Babinkamtibmas) untuk memastikan dan mengetahui informasi lebih detail di sekitar lokasi.

"Dari Kordinasi itu didapatkan informasi bahwa benar ada beberapa ekor gajah liar, jumlah pasti belum di ketahui, tapi prediksi 2 ekor berada di sekitar Desa Tanjung Beringin," terangnya.

Berdasarkan jejak kaki gajah pagi ini, gajah liar tersebut sudah menyeberang ke Sungai Nilo dan menuju areal konsesi PT Musim Mas. "Menjauhi pemukiman serta kebun masyarakat," tandas Suharyono. ***