PEKANBARU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau menurunkan tim ke Kabupaten Siak dan Indragiri Hilir (Inhil) untuk mengambil sampel hewan ternak sapi yang dicurigai terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Selain di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ada kita curigai terdapat di Kabupaten Siak dan Inhil," kata Kepala Dinas PKH Provinsi Riau, Herman, Rabu (25/5/2022).

Namun Herman belum bisa memastikan hewan ternak di Siak dan Inhil tersebut positif kasus PMK atau tidak, sebab sampel baru diambil hari ini, dan selanjutnya sampel akan dikirim ke Balai Veteriner Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

"Tadi tim sudah kita turunkan ke Siak dan Inhil untuk mengambil sampel. Setelah sampel diperiksa, nanti baru kita umumkan jika benar sapi itu positif kena PMK," terangnya.

"Jadi kita tunggu hasil pemeriksaan dari Balai Veteriner Bukittinggi yang membawahi 4 provinsi, seperti Riau, Jambi, Sumbar dan Kepulauan Riau. Mudah-mudahan hasilnya negatif," tutupnya. **