PEKANBARU - Seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota telah dimulai beberapa waktu lalu. 

Menanggapi hal tersebut, Komisi I DPRD Riau yang merupakan mitra kerja KPU mengapresiasi kerja Timsel yang telah hampir menyelesaikan tugasnya dalam menyeleksi calon-calon komisioner terbaik.

Sekretaris Komisi I DPRD Riau, T Rusli Ahmad mengatakan, Pemilu tahun 2019 adalah Pemilu serentak. Sehingga, dibutuhkan orang-orang yang mampu menghadapi semua permasalahan seputar Pemilu.

"Tahun ini pemilu serentak kan. Mulai dari DPRD kabupaten, provinsi, DPR RI, dan juga Pilpres. Sehingga calon-calon komisioner yang dipilih pun harus sesuai," ujar Rusli kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Selasa (4/12/2018).

Politisi PDI P itu juga minta agar Timsel benar-benar netral dan bersih dalam menentukan nama-nama calon komisioner terbaik agar tercipta Pemilu yang jujur adil dan terbuka.

"Saya berharap penyeleksiannya benar-benar netral, tanpa titipan," jelasnya lagi.

Apalagi, lanjut Rusli, arus politik saat ini luar biasa. Jadi calon komisioner yang dibutuhkan adalah orang-orang yang punya komitmen.

"Jangan nanti pula penyelenggara yang membuat celah kecurangan. Diharapkan betul, anggota KPU yang terpilih ini adalah milik semua golongan, bukan titipan. Harus amanah dalam menjaga hasil pemilu yang murni agar tidak ada gejolak ke depannya," harapnya. ***