BENGKULU - Untuk perolehan sementara, sejauh ini biliar Riau telah berhasil mengumpulkan dua medali emas dan satu perak di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera yang dilaksanakan di Bengkulu 3-9 November 2019.

Sebelumnya, medali emas pertama billiar berhasil diraih dari nomor double bola 15 putra yang di perkuat Ibrahim Madi dan Martias Pratama dan satu perak di raih dari nomor bola 8 doule putra oleh tengku muhammad farhan dan ari chaniago dalam pertandingan yang berlangsung 3 November lalu.

Kemudian medali emas kedua diraih oleh Rina Muchtar dari nomor sigle bola 9 putri. Dalam pertandingan final yang berlangsung hingga Senin malam (4/11/2019) di Star Pool Bengkulu, Rina berhasil menang 6-5 atas Eta Mariana dari Sumtera Selatan.

Pelatih biliar Riau Jefri mengatakan, saat pertandingan untuk memperebutkan emas di nomor singgel bola 9 putri antara Riana dan Eta terlihat cukup menegangkan, pasalnya lawan yang di hadapi oleh Rina merupakan pebilliar putri yang pada Porwil di Bangka Belitung tahu 2015 lalu merupakan peraih medali emas.

"Alhamdulilah, Porwil tahun ini, Rina bisa menunjukan penampilan terbaiknya dan membalikan hasil dengan raihan yang sangat membanggakan. Dan kini billiar Riau telah menambah pundi medali emas untuk kontingen Bumi Lancang Kuning," kata Jefri di Bengkulu, Selasa (5/11/2019).

Ditambahkannya, saat ini peluang billiar Riau untuk kembali menambah pundi medali masih terbuka lebar. Sebab masih ada tiga nomor singgle yang masih berlangsung.

"Peluang kita masih terbuka lebar untuk mendulang medali, dan Riau masih menurunkan para pebilliar andalannya di beberapa nomor yaitu nomor singgle bola 9 putra, single bola 8 putra, dan single bola 10 putri," tambahnya.***