SELATPANJANG - Dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan (monitoring) sekaligus silaturahmi, Komisi 1, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti, menggelar rapat perdana bersama BKD Kepulauan Meranti.

Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, mulai melakukan rapat kerja di bidang hukum dan pemerintahan itu, sejak di sahkan susunan pembentukan alat kelengkapan DPRD pada 23 Oktober 2019 lalu.

Rapat tersebut dilaksanakan pada Selasa (5/11/2019), dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I, Pauzi, SE, Wakil Ketua, Bobi Haryadi, Sekretaris, Al Amin A, S.Pd, serta anggota, Muhammad Khozin, MA., Auzir, Khosairi, S.Hi., M.Pd.i, DR. M. Tartib, SH., M.Si, Darsini, S.M., dan Dedi Putra, S.Hi.

Dari pihak BKD sendiri, hadir H. Alizar, S.Sos selaku Kepala BKD Kabupaten Kepulauan Meranti, Bakharuddin Selaku Sekretaris beserta para Kabid dan Kasubbid BKD Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ketua Komisi I, meminta kepada Kepala BKD memaparkan perihal tentang BKD beserta persiapan dalam pelaksanaan Tes CPNS.

Dalam rapat kerja tersebut, Alizar, S.Sos menyampaikan berbagai kondisi terkini kepegawaian di daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan jumlah total ASN saat ini sebanyak 3.020 ASN, dan tahun depan akan ada 1 ASN yang akan pensiun dan tenaga honorer berjumlah sebesar 4.185 orang.

Terkait persiapan pelaksanaan Tes CPNS di Kabupaten Kepulauan Meranti, Alizar, S.Sos, menyampaikan bahwa BKD sudah siap terkait pelaksanaan Tes CPNS nantinya, hanya saja kondisi listrik dan jaringan internet di daerah menjadi kendala teknis.

Sejumlah persoalan mengenai kepegawaian seperti persoalan aduan publik maupun informasi yang berkembang di masyarakat turut dipertanyakan kepada BKD, seperti terkait wacana pemerintah pusat untuk penghapusan Eselon III dan IV, terkait PP Nomor 72 tahun 2019 yang salah satunya mengatur Kepegawaian Inspektorat memiliki aturan baru, persoalan tenaga honorer dan lain sebagainya.

Selain itu, anggota Komisi I, juga memberi masukan agar kedepan BKD menetapkan standar rekrutment tenaga honorer sebagai panduan bagi setiap OPD dalam melakukan rekrutmen.

Pada rapat kerja perdana ini, Pauzi, SE. berharap kedepan Komisi I dengan mitra Kerjanya seperti BKD bisa bersinergi. Membangun kerja sama dalam berbagai kegiatan maupun sharing informasi untuk kedepan lebih baik lagi, menghadapi berbagai persolan dan menemukan solusi penyelesaiannya.***